Bahaya Konsumsi Garam Berlebih Bagi Kesehatan

Selamat Pagi,pada kesempatan kali ini acemaxsterbaru.com akan berbagi informasi menarik tentang bahaya konsumsi garam berlebih bagi kesehatan tubuh kita.Silahkan disimak,mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Garam – adalah bumbu dapur yang selalu digunakan pada setiap proses memasak.Selain digunakan sebagai pelengkap masakan,ternyata garam juga mengandung unsur yang baik bagi kesehatan.Garam merupakan sumber utama Natrium (Na) yang menjadi unsur sangat penting bagi tubuh.Na berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh,membantu mengirim impuls saraf dan relaksasi otot.Membantu menghindarkan penyakit gondok,gangguan pendengaran,dan tubuh cebol.Selain untuk kesehatan tubuh,nyatanya garam juga bisa digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan pegal di kaki,dengan cara merendamnya dengan air hangat.

saltGaram bermanfaat bagi tubuh,apabila dikonsumsi dalam jumlah yang normal.Berdasarkan rekomendasi WHO konsumsi garam yang dikatakan normal batasnya antara 5-6g/hari. atau 2000-2400 mg Natrium (kurang lebih 1 sdk teh).Namun,tanpa disadari,seringkali kita mengkonsumsi garam dengan jumlah yang melebihi batas normal.Apalagi dengan gaya hidup zaman sekarang,memang sulit untuk menjaga makanan supaya tetap sehat.Bagaikan pedang bermata dua,nyatanya selain memiliki manfaat,ternyata apabila terlalu banyak mengkonsumsi garam,juga bisa berbahaya bagi tubuh.

Beberapa Bahaya Konsumsi Garam Berlebih Bagi Kesehatan dianataranya :

1.Memicu Penyakit Hipertensi dan Kardiovaskular

Hal ini dapat terjadi karena garam mengandung ion Natrium ,dimana,,ion ini memiliki sifat menahan air yang bisa meningkatkan volume di dalam pembuluh darah.Dan secara otomatis akan meningkatkan tekanan darah atau biasa kita sebut hipertensi.Dan jika dibiarkan,hipertensi akan memicu timbulnya penyakit kardiovaskular lainnya seperti stroke,jantung dan diabetes.Bahkan apabila cairan dalam tubuh terus meningkat,maka akan menyebabkan pembengkakan di sekitar jantung.

2.Mengganggu Saluran Pencernaan Makanan
Bahaya konsumsi garam berlebih juga bisa berimbas pada saluran pencernaan.Diantaranya :

  • Akan menimbulkan luka di lambung dan duodenum – Bakteri Helicobacter Pylori (H.Pylori) adalah bakteri yang bersarang di sistem pencernaan.Apabila kita mengkonsumsi garam dalam jumlah banyak,maka garam ini akan mudah berinterkasi dengan bakteri tersebut,hingga akan menimbulkan luka/ulku.Maka dari itu,ada baiknya kita membatasi konsumsi garam untuk menghindari luka pencernaan.
  • Berpotensi Menimbulkan Kanker – Dikalangan masyarakat Jepang,banyak ditemukan kasus kanker perut dan kanker lambung dengan tingginya sodium di dalam tubuh.

3.Menyebabkan Osteoporosis – Salah satu bahaya konsumsi garam berlebih bagi tulang adalah osteoporosis.Kadar Natrium tinggi akan mencegah penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga dapt menyebabkan terjadinya osteoporosis.

4.Bahaya konsumsi garam berlebih juga bisa menimbulkan masalah kulit kering dan rambut rontok.

Segala sesuatu yang berlebihan,memang tidak baik.Konsumsilah garam dalam jumlah yang wajar.Agar yang kita dapat adalah manfaatnya,bukan efek negatifnya.

infosehat

 

, , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *