Sering Kesemutan Gejala Penyakit Apa ?

Selamat siang,kali ini acemaxsterbaru.com akan berbagi info sehat mengenai gangguan kesehatan yang sering terjadi yaitu “kesemutan”.Yang satu ini memang tidak asing lagi ditelinga kita.Bahkan hampir semua orang pernah mengalaminya.Sebenarnya apa itu kesemutan dan apa penyebabnya ? Lalu sering kesemutan merupakan gejala penyakit apa ? Simak ulasan berikut ini .

Bila tangan atau kaki tertindih/atau mendapat tekanan terlalu lama,biasanya sering muncul yang dinamakan kesemutan.Dan beberapa saat kemudian,kesemutan akan hilang dengan sendirinya.Hal ini bisa dikatakan wajar,karena kesemutan terjadi apabila ada tekanan tepat pada syaraf,dan bila sudah tidak ada tekanan,maka syaraf akan normal kembali.Tapi bagaimana apabila kesemutan terjadi tiba-tiba dan periode yang rutin ? Maka kita harus waspada.Bisa saja itu merupakan indikasi dari suatu penyakit yang berbahaya.

Sering Kesemutan Gejala Penyakit Apa ? Berbahayakah ?

kesemutanDalam bahasa medis kesemutan sering disebut sebagai parastesia yaitu suatu sensasi yang dirasakan tanpa ada stimulus dari luar.Biasanya sering terjadi di bagian tubuh seperti kaki,tangan dsb.Pada dasarnya kesemutan merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur secara penuh dengan sebab macam-macam. Misalnya, jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama.

Kesemutan tidak bisa dianggap sepele,karena faktanya sering kesemutan tanpa sebab dan sering terjadi bisa merupakan ada indikasi penyakit serius,diantaranya :

Defisiensi Vitamin
Kesemutan bisa terjadi apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin,terutama vitamin E,B1,B6 dan B12.Konsumsi vitamin ini bagus untuk fungsi syaraf.Tapi dalam penggunaanya juga tidak boleh berlebihan.

Stroke
Salah satu gejala dari stroke ringan adalah sering kesemutan.Hal ini terjadi karena adanya sumbatan pada pembuluh darah di otak sehingga menimbulkan kerusakan syaraf.

Diabetes
Penderita diabetes juga bisa sering mengalami kesemutan,akibat dari darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang.

Jantung
Tak selamanya kesemutan berhubungan dengan neuropati atau syaraf.Kesemutan juga bisa terjadi akibat komplikasi dari jantung dan syarafnya.

Infeksi Tulang Belakang
Biasanya kesemutan terjadi dimulai dari pusar ke bawah,sehingga tubuh sulit digerakanPenyakit ini disebut juga Mielitis.

Rematik
Ternyata rematik juga bisa memunculkan sensasi kesemutan atau rasa kebal.Hal ini dikarenakan saraf terjepit akibat sendi pada engsel, misalnya sendi pergelangan tangan, berubah bentuk.Umumnya bila rematik sembuh,maka kesemutanpun akan hilang.

Untuk menghindari sering kesemutan ,ada baiknya anda rutin berolahraga dan cukupi kebutuhan vitamin harian secara seimbang.Ingat,jangan anggap sepele sering kesemutan,karena bisa jadi itu merupakan peringatan dari tubuh bahwa anda sedang mengidap suatu penyakit.Segera periksa kesehatan anda dan jalani hidup sehat.

infosehat

, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *